Halaman

Oasis-Banner-Gif-2Oasis-Banner-Gif-2

20 September 2019

PERBAIKI TEKNIK BERNAPAS SAAT SEDANG ANGKAT BEBAN



OASISTOGEL - Sudah benarkah pernapasan yang kita lakukan saat angkat beban? Terdengar seperti ejekan ya jika ada pertanyaan seperti ini saat kita angkat beban di gym. Namun fakta yang terjadi dilapangan adalah, memang banyak para penyuka angkat beban yang teknis pernapasannya masih salah saat melakukan gerakan angkat beban.

Jika pada saat mengangkat beban kamu menarik napas dan menahannya sebentar pada saat kontraksi puncak. Lalu membuang napas pada saat menurunkan beban. Percaya deh, itu adalah teknik yang salah dan bisa mengakibatkan resiko cedera.

Mengapa? Saat menahan beban, otot-otot akan berkontraksi dan pembuluh darah akan tertekan sehingga aliran darah jadi tak lancar. Itu membuat jantung bekerja lebih keras dan tekanan darah akan naik. Jika seseorang mempunyai riwayat kelainan jantung atau penyakit kardiovaskuler, maka kondisi ini akan berbahaya bagi kesehatannya – bahkan, jiwanya.

Risiko kesehatan itu berpotensi terjadi karena saat aliran darah terjepit, darah akan mendesak pembuluh-pembuluh darah sehingga memungkinkan pecahnya pembuluh darah. Tak hanya itu, tekanan darah yang tinggi itu juga akan berpotensi mendesak paru-paru dan mengakibatkan tekanan balik pada jantung. Kondisi itu membuat jantung terpuntir. Jika dibiarkan berlarut-larut, pembuluh-pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung pun akan menyempit sehingga tekanan darah meninggi secara permanen.

Mulai sekarang, biasakan buang napas pada saat melakukan gerakan yang menggunakan tenaga (bisa gerakan tarik atau dorong). Sebaliknya pada saat gerakan negatif/menurunkan beban, itu adalah saat yang tepat untuk menarik napas. Contoh pada saat kita melakukan bench press, lat-pulldown, bicep curl, dan trisep extension.
  • Bench Press: Buang napas pada saat mendorong, tarik napas pada saat menurunkan beban
  • Lat-pulldown: Buang napas pada saat menarik beban, tarik pada saat melepas beban
  • Bicep Curl: Buang napas saat angkat(curling), tarik pada saat menurunkan beban
  • Trisep Extension: Buang napas sewaktu mendorong, tarik napas saat melepas beban
Sederhananya, sewaktu kita menggunakan tenaga (dorong/tarik) itulah saatnya kita membuang napas yang diikuti dengan kontraksi otot core (utama). Sebagai gambaran, pada saat kita bersin, secara otomatis otot core kita yang berada diseputaran perut sampai pinggul akan kontraksi/mengeras.
Sebaliknya pada saat kita melakukan gerakan negatif atau menurunkan beban, itu saatnya kita menarik napas, namun harus tetap perhatikan bentuk tubuh kita.

Jangan sampai kamu menahan nafas sewaktu merasa bingung dalam pengaturan nafas yang sesuai untuk tubuh kamu. Saat melakukan gerakan juga jangan menghentikan nafas anda secara sejenak. Hal ini akan meningkatkan tekanan darah anda dan memberikan tekanan pada jantung. Sehingga anda dimungkinkan merasa sakit kepala atau pusing.

Meski terkesan sederhana, tidak banyak orang yang tahu teknik bernapas yang benar saat melakukan latihan angkat beban. Mungkin untuk menerapkan teknik bernapas yang tepat kita akan merasa canggung ataupun bingung pada awalnya. Untuk dapat melakukan dengan benar, kita diharuskan untuk berkonsentrasi, lupakan dulu menghitung repetisi angkatan. Jika kamu ada teman atau parthner pada saat fitness, mintalah tolong untuk mengingatkan kita membuang napas pada saat mendorong/menarik beban, sekalian membantu menghitung repetisi angkatan kita. Jika rutin berlatih, teknik bernapas ini akan bisa dikuasi kurang dari 1 minggu kok. Selamat mencoba and keep healthy. 

Postingan Sebelumnya                                                                         Postingan Berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oasis-Banner-Gif-1