Halaman

Oasis-Banner-Gif-2Oasis-Banner-Gif-2

29 September 2019

SEBERAPA PERLU AKSESORIS UNTUK FITNESS

Sumber: google.com
OASISTOGEL - Untuk para pecinta olahraga fitness pasti sudah tidak asing lagi dengan beberapa aksesoris yang sering digunakan pada saat melakukan gerakan angkat beban. Untuk beberapa pemula, menggunakan beberapa aksesoris seperti power belt, sarung tangan, ataupun straps sering kali disarankan oleh para "senior" ditempat fitness. Namun apakah semua aksesoris itu perlu untuk kita gunakan?

Agar kamu tidak bingung, berikut adalah kelebihan dan kekurangan aksesoris-aksesoris fitness.

1. Power Belt
Power belt atau sabuk angkat berat adalah salah satu aksesori yang paling banyak digunakan pada saat melakukan angkat beban. Fungsi utama dari sabuk ini adalah untuk menyediakan perlindungan dan dukungan terhadap punggung bawah sehingga mampu memberikan kekuatan secara lebih maksimal.

Sumber: google.com
Namun untuk para pemula, alasan utama mengapa belum perlu untuk menggunakan belt adalah karena dengan memakai belt, otot core/utama akan menjadi manja dan lemah. Lagian, belt hanya efektif pada latihan-latihan tertentu seperti Squat dan Deadlift.

2. Glove
Sarung tangan fitness sepertinya aksesoris wajib untuk para pemula yang baru saja memulai olah raga angkat beban. Apakah sewajib itu? Alasan klasik mengapa menggunakan sarung tangan adalah takut kapalan, sakit saat menggenggam beban, dan biar tidak licin.

Sumber: google.com
Kalau cewe sepertinya masuk akal dengan alasan tersebut. Namun buat para cowo, coba pikir dua kali sebelum menggunakan sarung tangan. Karena sebenarnya sarung tangan dapat menghambat kekuatan genggaman/grip kita loh.

3. Straps
Pernah lihat tali yang melingkar dipergelangan tangan para senior fitness? Itu adalah straps. Straps adalah aksesoris yang sangat berguna pada saat kita melakukan gerakan menarik/rowing seperti barbell bent-over row, deadlift, ataupun lat pull-down.

Sumber: google.com
Namun bukan berarti kita harus memakainya sepanjang latihan. Dan jika saat berlatih gerakan mendorong, sepertinya straps tidaklah terlalu berguna deh.

Menggunakan aksesoris diatas memang dapat membantu kita pada saat latihan. Namun jangan mengganggap aksesoris adalah suatu hal yang wajib digunakan agar terlihar keren apalagi hanya digunakan dengan tujuan sebagai aksesoris belaka wajibnya jam tangan ataupun tali pinggang.


Postingan Sebelumnya                                                                  Postingan Berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oasis-Banner-Gif-1